logo blog
Selamat Datang Di Blog Files Parwito
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi MalesFiles Parwito,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ibadah Sholat Sebagai Pembentuk Karakter

Allah mewajibkan sholat kepada umat Muhammad SAW, karena di dalamnya terdapat makna pengabdian tertinggi seorang hamba kepada penciptanya. Di dalam sholat juga seandainya dilakukan secara ikhlas, tidak karena semata-mata menjalankan kewajiban, al- musholly akan memperoleh limpahan cahaya petunjuk dari Allah yang berfungsi menjernihkan hati dan sebagai petunjuk dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tidak berlebihan bila penulis menyatakn bahwa sholat itu ibadah yang paling utama dan merupakan mercusuar bagi segala ibadah dan aktivitas.Tolok ukur kehidupan seseorang dapat dilihat dari kualitas sholatnya, karena ketika seorang muslim melakukan sholat sesungguhnya ia sedang berhadapn dengan Allah, tentunya berhadapan dengan Allah membutuhkan konsentrasi (khusyu’) dan kedisiplinan.

Kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari memerlukan pembiasaan. Seorang ingin disiplin waktu ia harus membiasakan diri tepat waktu dalam aktivitasnya. Sholat merupakan ibadah yang mendidik berbagai hal mulai dari kedisiplinan hingga komitmen terhadap ucapan sikap dan perbuatan.

Metode pembiasaan dalam sholat (lima kali dalam satu hari satu malam), selaras dengan metode pembiasaan yang dikemukakan oleh an-nah lawi. Menurut An-nahlawy pencapaiaan pendidikan dapat dilakukan dengan membiasakan pengamalan terhadap apa yang telah diajarkan mulai sejak dini.

Dalam makalah ini penulis mencoba menganalisis sholat sebagi metode pembentukan karakter.Untuk perbaikan makalah ini penulis membuka kesempatan bagi pembaca untuk sumbangsih ide dan saran demi kesempurnaan makalah ini.

Untuk Lebih Lengkap dari makalah " Ibadah Sholat Sebagai Pembentuk Karakter", silahkan di Download.


Enter your email address to get update from Files Parwito.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. [files-parwito] - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger