logo blog
Selamat Datang Di Blog Files Parwito
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi MalesFiles Parwito,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Limbah Makanan Akan Memicu Efek Rumah Kaca

Setelah ane baca baca di beberapa blog dan warta digital , adanya dampak terhadap Limbah makanan terhadap Efek Rumah Kaca. Dan kurang lebih seperti di bawah ini warta yang saya baca.

Dalam Sebuah laporan berjudul The Food Wastage Footprint, yang dirilis pada hari Rabu, 11 September 2013, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperkirakan jejak karbon dari makanan yang terbuang itu setara dengan 3,3 miliar ton karbon dioksida,( tulis Daily Mail, Rabu, 11 September 2013). Jumlah itu menjadi jumlah sumbangan emisi terbesar setelah sumbangan emisi yang dihasilkan Cina dan Amerika Serikat.

Di negara industri dan maju, hal ini terjadi karena konsumen sering kali membeli terlalu banyak makanan dan membuangnya jika makanan tersebut tidak mereka makan. Sementara itu, di negara berkembang, banyaknya limbah makanan terjadi karena hasil pertanian yang tidak efisien dan kurangnya fasilitas penyimpanan yang tepat. Banyaknya emisi yang dihasilkan menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang efisien dapat memberikan kontribusi substansial bagi upaya global untuk mengurangi gas rumah kaca. Hal itu tentunya akan membatasi pemanasan global.

Selain itu, menurut FAO, pengurangan pemborosan makanan tidak hanya akan menghindari tekanan pada sumber daya alam yang langka, tapi juga mengurangi peningkatan permintaan produksi pangan yang telah naik sebesar 60 persen pada tiap 2050 penduduk. Oleh sebab itu, FAO menyarankan agar komunikasi antara produsen dan konsumen lebih ditingkatkan lagi untuk mengelola pasokan makanan yang efisien. Selain itu, fasilitas seperti pengemasan atau pendinginan guna mengawetkan makanan juga harus dikembangkan. Ada baiknya bagi produsen untuk mulai memproduksi porsi kecil, sehingga makanan tidak lagi mubazir.
Enter your email address to get update from Files Parwito.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. [files-parwito] - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger